Sabtu, 16 Juli 2011

Kalimat Umum untuk Meminta Maaf dalam Bahasa Mandarin

sorry 中文朋友们,大家都好吗? Zhōngwén péngyǒu men dàjiā dōu hǎo ma ?——Sahabat Mandarin,Semuanya baik kan?
好久不见Hǎojiǔ bùjiàn~——Lama tidak berjumpa
不好意思, 好久没跟大家分享中文Bù hǎoyìsi,hǎojiǔ méi gēn dàjiā fēnxiǎng zhōngwén——Maaf ya,Sudah lama tidak berbagi bahasa Mandarin dengan teman-teman semua
Sahabat Mandarin, sebagai manusia biasa saya sering sekali membuat kesalahan dan kekhilafan…..tapi saya akan selalu introspeksi diri dan tentunya….meminta maaf. Bagaimana ya cara menyesali kekhilafan dan  meminta maaf dalam bahasa Mandarin ?
一起学吧…! Yīqǐ xué ba…!-Ayo belajar Bersama



  • 对不起 Duìbùqǐ : Maaf (kalimat umum untuk memohon maaf atas kesalahan )
contoh : 对不起,我迟到了Duìbùqǐ, wǒ chídào le ——maaf saya terlambat

contoh : 不好意思,能帮个忙吗?néng bāng gè máng ma? ——Maaf bisa bantu saya?

contoh : 我知道,这都是我不对, 我不应该离开你 Wǒ zhīdào, zhè dōu shì wǒ bùduì,wǒ bù yìng gāi líkāi nǐ—— aku tahu, ini semua kesalahanku, tidak seharusnya aku meninggalkanmu

contoh : 妈妈我不会在说谎了,请原谅我 Māmā wǒ bù huì zài shuōhuǎng le, qǐng yuánliàng wǒ —— Mama, saya tidak akan berbohong lagi, tolong maafkan saya

contoh : 昨天我忘了做报告,我想跟你道歉 Zuótiān wǒ wàng le zuò bàogào, wǒ xiǎng gēn nǐ dàoqiàn—— kemarin saya lupa membuat laporan, saya ingin memohon maaf

contoh : 很抱歉, 我这一次不会再相信你了 Hěn bàoqiàn, wǒ zhè yīcì bù huì zài xiāngxìn nǐ le——Maaf!! Saya tidak akan percaya kepadamu lagi

Bagaimana sahabat Mandarin? Mudah kan? Atau ada masukan lain?? Ayo share disini……Selamat belajar
加油!!

Kalimat Umum yang digunakan ketika Bertemu Teman Lama

Sahabat Mandarin….
Hari ini saya bertemu dengan sahabat lama saya dari China, saya sudah hampir 2 tahun tidak bertemu dengannya, senang sekalii… Nah karena itu saya ingin berbagi sedikit mengenai kalimat yang biasa digunakan dalam bahasa Mandarin bila bertemu teman lama, selamat belajar yaa =(^.^)=
好久不见 Hǎojiǔ bùjiàn: lama tidak berjumpa
你什么时候来的?nǐ shénme shíhou lái de?: kapan kamu datang?
最近怎么样?Zuìjìn zěnme yàng?: bagaimana kamu akhir-akhir ini? (apa kabar)
家里人都好吗?Jiālǐ rén dōu hǎo ma?: keluargamu baik-baik saja?
工作/学习怎么样?Gōngzuò/xuéxí zěnme yàng?: bagaimana pekerjaan/sekolahmu
要保持联络!Yào bǎochí liánluò!: keep in touch ya!

Untuk rekaman suaranya, menyusul yaa… 加油jiayou!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar